JARINGAN PERDAGANGAN DAN DIPLOMASI

JARINGAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN DIPLOMASI

Oleh :

Prof. Dr. Abdullah M. Jaubah, S.E., M.M.

Pendahuluan

Algoritma atau urutan instruksi atau perintah yang dipakai untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah memainkan peranan penting dalam pemrograman komputer. Kata alroritma berasal dari nama pakar matematika yaitu Abu Abdullah Mohammad ibn-Musa al Khawarizmi yang hidup dari tahun 780 sampai dengan tahun 850. Pekerjaan Al-Khawarizmi merupakan sumber untuk aljabar dunia, dan Al-Khawarizme telah diakui sebagai bapak dari aljabar. Konsep algoritma ini sekarang diartikan sebagai urutan instruksi untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah. Definisi algoritma di atas berbeda dengan definisi algoritma yang telah dikemukakan oleh Effendi Gazali.

Komputer hanya mengerti bahasa mesin (machine language) yang mencerminkan kombinasi dari kode 0 dan kode 1. Nilai 0 mencerminkan arus tidak terdapat dan nilai 1 mencerminkan arus terdapat. Hal ini berarti bahwa bahasa mesin dalam komputer mewakili sistem bilangan biner (binary). Penyusunan program komputer dengan sistem bilangan biner akan harus mengetahui secara rinci lokasi serta isi dari sel-sel memori yang dipakai. Hal ini adalah sangat sulit dan tiap jenis komputer dengan instruksi berbeda mencerminkan bahasa mesin juga berbeda karena tergantung pada Central Processing Unit (CPU) yang dipakai. Bahasa pemrograman lain yang mirip dengan bahasa mesin dan sudah memakai kode-kode singkatan instruksi adalah bahasa assembly. Komputer, agar dapat mengerti bahasa assembly ini, memerlukan bahasa penerjemah assembly ke dalam bahasa mesin berbentuk program yang dinamakan assembler. Pemrograman dengan bahasa assembly ini juga masih sangat sulit, sangat tidak praktis, sangat menjemukan, dan sangat melelahkan.

Para pakar komputer berusaha untuk mencipta bahasa yang hampir serupa dengan bahasa yang dipakai oleh manusia dan tidak tergantung pada bahasa mesin. Bahasa pemrograman ini dinamakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language). Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak dipakai adalah BASIC (Beginner All Purpose  Symbolic Instruction Code), Fortrans (Formula Translator), Cobol (Common Business Oriented Language), PL/1 (Programming Language one), Visual BASIC, C++, Prolog, Lisp, dan sebagainya. Komputer sekarang memakai bahasa pemrograman generasi keempat (G4).

Kemampuan-kemempuan komputer, perlu dikemukakan secara  rinci. Studi dan penghayatan mengenai suatu program komputer, secara langsung atau tidak langsung, berhubungan dengan filsafat dan aljarar yang dikembangkan oleh George Boole (1853) sebagaimana tercermin dalam bukunya yang berjudul An Investigation of The Law of Thought on which are Founded The  Logic Theories of Logic and Probabilities.

Deskripsi ringkas dari George Boole  dan pengaruh dari gagasannya dapat disajikan  bahwa George Boole pada saat itu merupakan tokoh matematika dan reformasi pendidikan. Bukunya yang berjudul An Investigation of the Laws of Thought (1853), penuh dengan pembahasan mengenai aljabar, fungsi dari teori, logika, dan probabilitas. Boole sendiri tidak mendefinisikan Boolean algebra dengan inti pokok nol dan satu yang telah menjadi dasar bahwa dunia digital tergantung pada konsep nol dan satu, dan konsep ini merupakan sumber inspirasi dari para pionir lain. Henry Sheffecoined menyebut Boolean algebra dalam tahun 1913, Whitehead dan Russell merevisi Principia Matematica (1925-1927), telah mempopulerkannya. Claude Shannon telah memperkenalkan Boole dalam perkuliahan filsafat pada University of Michigan, dan telah mengembangkan penghayatan mendalam yang menghubungkan Boolean algebra pada telephone switching circuits dalam Master tesisnya di Massachusetts Institute of Technology dalam tahun 1937. Gagasan Claude Shannon banyak dikutip oleh para pakar komunikasi untuk mendefinisikan komunikasi.

Nilai 0 dan 1, dalam analisis jaringan sosial juga dipakai sebagaimana tercermin dalam analisis tentang perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur, barang-barang makanan, bahan-bahan mentah, perdagangan internasional mengenai mineral, dan analisis jaringan diplomasi. Kode 0 dipakai sebagai perwakilan dari hubungan antara pasangan negara tidak terdapat dan kode 1 dipakai sebagai perwakilan dari hubungan antara pasangan negara terdapat.

Penulis pertama kali berkenalan dengan gagasan-gagasan dari George Boole tatkata mempelajari bahasa BASIC dalam komputer mini Wang karena dalam studi itu terkandung konsep Bool1, Bool2, dan Bool3. George Boole telah membahas nilai 0 dan nilai 1, kata and dan kata or, dan tidak masuk hukum pemikiran jika orang memakai kata and/or karena kata ini tidak terdapat dalam penerapan  komputer. George Boole, oleh karena itu, telah memperoleh penghormatan dan penghargaan dari para pakar komputer karena memperkenalkan konsep 0, 1, and, or, dan menolak pemakaian konsep and/or karena dianggap tidak masuk akal dan menyalahi hukum pemikiran (the law of thought).

Algoritma didefinisikan seperti di atas. Algoritma yang dipakai dalam Ucinet 6 for Windows misalnya Network>Centrality and Power>_Degree (legacy) jika dipakai dan dilaksanakan akan mencipta hasil berbentuk OutDegree,  InDegree, NrmOutDegree, NrmInDegree, Descriptive Statistics atas  OutDegree,  InDegree, NrmOutDegree, NrmInDegree,  Network Centralization (Outdegree), dan  Network Centralization (Indegree). Algoritma yang terkandung adalah urutan dari Network, kemudian Centrality and Power, kemudian _Degree (legacy). Urutan Network>_Degree (legacy)>Centrality and Power akan ditolak karena tidak sesuai dengan urutan intruksi atau perintah.

Stanley Wasserman dan Katherine Faust (1994), dalam buku mereka yang berjudul Social Network Analysis : Methods and Applications, menyatakan bahwa :

“In the example of trade among nations, information on the imports and exports among nations in the world reflects the global economic system. Here the world economic system is evidenced in the observable transactions (for example, trade, loans, foreign investment, or, perhaps, diplomatic eXChange ) among nations. The social network analyst could then attempt to describe regularities or patterns in the world economic system and to understand economic features of individual nations (such as rate of economic development) in terms of the nation’s location in the world economic system.”

Kutipan di atas mengungkap bahwa analisis jaringan sosial dapat dipakai untuk melakukan analisis jaringan perdagangan internasional dan analisis jaringan pertukaran diplomatik. Studi dan penghayatan atas hubungan internasional tradisional sangat jarang menemukan bahan-bahan pembahasan mengenai analisis jaringan perdagangan internasional dan analisis jaringan Ucinet 6 for Windows : Software for Social Network Analysis mengandung arsip data dengan nama Trade.##h. Arsip data ini terdiri dari arsip data tentang perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur, barang-barang makanan, bahan=bahan mentah, mineral, dan pertukaran diplomatik. Arsip data ini mencerminkan perdagangan internasional dan pertukaran diplomatik di antara 24 negara. Arsip data ini akan dipakai di sini. Arsip data ini diubah agar penyajian dapat dilakukan dalam satu halaman. Perubahan dilakukan atas nama negara-negara sesuai urutan ke dalam kode 1 sampai dengan kode 24 dan kode-kode ini dipakai untuk tiap negara.

Langkah mendeskripsikan sebab-sebab dan akibat-akibat dari perdagangan internasional dan fungsi dari perdagangan internasional dalam perekonomian dunia merupakan alasan mengapa perdagangan internasional itu dilakukan antara bangsa-bangsa. Apakah yang harus dilakukan oleh suatu bangsa dalam hubungannya dengan perdagangan internasional?

Kebijakan ekonomi suatu bangsa dapat mencakup kebijakan konsumsi, kebijakan investasi, kebijakan tabungan, kebijakan pendapatan negara, kebijakan belanja negara, kebijakan ekspor, dan kebijakan impor. Kebijakan ekspor dan kebijakan impor mencerminkan kebijakan perdagangan internasional suatu bangsa. Apakah Indonesia harus memakai tarif atau kuota inpor untuk melakukan proteksi atas barang-barang tertentu dari Jepang dan Korea Selatan untuk melindungi industri dalam negeri terhadap persaingan dari Jepang dan Korea Selatan? Siapakah yang akan menikmati manfaat dan menderita kerugian dari kuota impor itu? Kebijakan-kebijakan pemerintah yang diadopsi ke arah  perdagangan internasional, yaitu kebijakan yang melibatkan tindakan-tindakan berbeda sering dilakukan oleh pemerintah suatu bangsa. Tindakan-tindakan ini mencakup pajak atas beberapa transaksi intrenasional, subsidi-subsidi untuk transaksi-transaksi lain, batas-batas hukum atas nilai atau volume dari impor tertentu dan banyak tindakan lain.Akibat-akibat dari instrumen-instrumen penting dari kebijakan perdagangan internasional terdapat juga akan tetapi di sini tidak dibahas.

Studi dan penghayatan mengenai hubungan internasional mengungkap bahwa para diplomat atau para calon diplomat perlu melakukan studi dan penghayatan atas pokok-pokok pembahasan mengenai diplomacy, foreign policy, Indonesian foreign policy, International Relations, International Law,  International Organization, International Economy,  Peace and Conflict Studies, Globalization, Multilateralism, Regionalism, Biographies and Memoirs, Public Speakin, Public Relations, Writing Skills, Language for Conference, Leadership, Management Skills, Digital Diplomacy, Economic Diplomacy, dan Interfaith and Intercivilizational Dialogues. 

Yayan G.H. Mulyana (2018), sebagai Head of the Centre for Education and Training dalam Ministry of International Affairs Republic of Indonesia, telah menyusun buku dengan judul Reading for Diplomats 2018. Buku ini terdiri dari 95 halaman dan isi buku ini adalah nama-nama buku yang berhubungan dengan pokok-pokok pembahasan sebagaimana dikutip di atas, yaitu buku-buku tentang diplomacy, foreign policy, Indonesian foreign policy, International Relations, International Law,  International Organization, International Economy,  Peace and Conflict Studies, Globalization, Multilateralism, Regionalism, Biographies and Memoirs, Public Speakin, Public Relations, Writing Skills, Language for Conference, Leadership, Management Skills, Digital Diplomacy, Economic Diplomacy, dan Interfaith and Intercivilizational Dialogues. 

Ucinet 6 for Windows

Ucinet 6 for Windows : Software for Social Network Analysis adalah perangkat lunak komputer untuk analisis jaringan sosial, akan tetapi dapat juga dipakai untuk analisis jaringan politik, analisis jaringan ekonomi, analisis jaringan komunikasi, analisis jaringan perdagangan internasional, analisis jaringan perdagangan  domestik, analisis jaringan pertukaran diplomasi, dan sebagainya.

Analisis Jaringan Perdagangan Internasional

Data dasar yang dipakai di sini terdapat dalam Ucinet 6 for Windows dengan nama Trade.##h. Bentuk data ini adalah sebagai berikut :

DIAG1A.JPG

Kode 0 dan kode 1, sebagaimana dikemukakan oleh George Boole, dipakai di sini. Kode 0 mewakili hubungan tidak terdapat antara pasangan negara dan kode 1 dipakai untuk mewakili hubungan terdapat antara pasangan negara. Arsp data Trade.##h ini terdiri dari arsip data Manufactured Goods, Foods, Crude Materials, Minarals, dan Diplomatic Exchange. Data ini kemudian dipecah menjadi lima arsip data untuk mempermudah analisis jaringan perdagangan internasional dan analisis jaringan pertukaran diplomatik. Analisis lebih lanjut disesuaikan dengan urutan ini.

Perdagangan internasional mencakup impor dan ekspor barang-barang hasil manufaktur, barang-barang berbentuk makanan, bahan-bahan baku, dan mineral. Data yang biasa dipakai dalam analisis jaringan perdagangan internasional biasanya dikumpulkan dari dokumentasi yang dapat diunduh dari International Monetary Fund atau lembaga-lembaga lain yang tercakup dalam International Monetary Fund. Data mengenai Impor dan Ekspor Indonesia dapat dikumpulkan dari BPS.

Ringkasan nama-nama negara dilakukan di sini dengan maksud penyajian data tidak melewati batas halaman sebelah kiri sehingga penyajian data adalah lebih mudah diamati. Penyajian data asli dapat diperkecil akan tetapi mungkin sangat kecil sehingga tidak dapat dibaca. Langkah memperkecik penyajian arsip data di sini tidak dilakukan.

Kode Nama Negara
1 ALGERIA
2 ARGENTINA
3 BRAZIL
4 CHINA
5 CZECHOSLOVAKIA
6 ECUADOR
7 EGYPT
8 ETHIOPIA
9 FINLAND
10 HONDURAS
11 INDONESIA
12 ISRAEL
13 JAPAN
14 LIBERIA
15 MADAGASCAR
16 NEW_ZEALAND
17 PAKISTAN
18 SPAIN
19 SWITZERLAND
20 SYRIA
21 THAILAND
22 UNITED_KINGDOM
23 UNITED_STATES
24 YUGOSLAVIA

Ringkasan ini dilakukan agar penyajian data dapat dicakup dalam satu halaman karelebna jika tidak diringkas maka penyjian akan lebih lebar daripada satu halaman sehingga bagian-bagian tertentu dari data tersebut tidak dapat disajikan dan tidak dapat dibaca. Ringkasan di atas disajikan untuk mempermudah studi dan analisis hasil. Indonesia, sebagai contoh, diberi kode 11 sehingga diagram jaringan perdagangan barang-barang manufaktur yang mencerminkan aktor 11 adalah Indonesia. Data juga disajikan hanya memakai kode 0 dan kode 1 Kode 0 dipaai umtuk mewakili hubungan tidak terdapat antara pasangan aktor (negara).

Pembahasan di sini dibatasi hanya terarah pada pembahasan mengenai pengaruh dan kekuasaan yang dimiliki oleh tiap negara dari kegiatan perdagangan internasional tentang barang-barang manufaktur. Pengaruh dan kekuasaan sebagai hasil analisis jaringan perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur dapat menunjukkan peringkat pengaruh dan peringkat kekuasaan dari negara-negara yang tercakup dalam analisis data ini.

Negara-negara yang mempunyai manufaktur yang kuat dan besar akan mendominasi pengaruh dan kekuasaan dalam perdagangan internasional daripada negara-negara yang mempunyai manufaktur yang lemah dan kecil.

Ukuran pengaruh dan kekuasaan ini akan diikuti dengan sentralisasi pengaruh jaringan dan sentralisasi kekuasaan jaringan. Hal ini berarti bahwa konsep sentralitas berbeda dengan konsep sentralisasi. Konsep sentralisasi pengaruh dan sentralisasi kekuasaan jaringan dapat dipakai untuk menentukan apakah hubungan itu bersifat sentralisasi atau bersifat desentralisasi. Hubungan bersifat sentralisasi pengaruh dan sentralisasi kekuasaan jaringan jika nilai yang diperoleh adalah lebih besar daripada nilai 50% dan desentralisasi pengaruh dan kekuasaan jaringan dialami jika nilai itu adalah lebih kecil daripada nilai 50%.

Data jaringan perdagangan barang-barang manufaktur adalah sebagai berikut :

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24
1 0 0 0 1 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1
2 1 0 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 1 0 0 0 1 1 1 0 1 0 1 0
3 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1
4 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1
5 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1
6 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 8 1 0
7 0 0 0 0 1 0 0 1 1 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1
8 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0
9 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1
10 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0
11 1 0 0 1 1 0 1 0 1 0 0 0 1 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1
12 0 1 0 0 0 0 0 1 1 0 0 0 1 0 0 1 0 1 1 0 1 1 1 1
13 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1
14 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
15 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0
16 1 0 0 1 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1 1
17 0 0 0 1 1 0 0 0 1 0 1 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0
18 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1
19 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1
20 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
21 0 0 1 1 0 0 0 0 1 0 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 1 1
22 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1
23 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1
24 1 1 0 1 1 0 1 1 1 0 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 0

Diagram jaringan perdagangan internasional barang-barang manufaktur adalah sebagai berikut :DIAG1Diagram jaringan di atas mencerminkan hasil berukuran kualitatif. Hasil ini adalah sangat kompleks sehingga interpretasi hasil tanpa didukung perangkat lunak komputer akan sulit dilakukan atau akan dilakukan secara sangat subyektif sekali. Pengukuran mengenai pengaruh dan kekuasaan negara tertentu atas perdagangan internasional mengenai barang-barang manufaktur akan dipakai di sini. Ukuran-ukuran yang terseda adalah sangat banyak akan tetapi di sini dipilih ukuran dari pengaruh dan ukuran dari kekuasaan saja.

PengarAh dan Kekuasaan

Pengaruh (OutDegree) dan kekuasaan (InDegree) negara-negara dalam perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur adalah :

DIAG2Jepang, Amerika Serikat, dan Switzerland memiliki pengaruh dan kekuasaan terbesar daripada pengaruh dan kekuasaan negara-negara lain dalam perdagangan barang-barang manugaktur. Pengaruh dan kekuasaan Indonesia jika dibanding dengan pengaruh dan kekuasaan Jepang baru mencapai 0.608696 atau 60.87% dalam perdagangan barang-barang manufaktur. Hal ini berarti bahawa kekuatan manufaktur Jepang adalah lebih tinggi daripada kekuatan manufaktur Indonesia.

Data Jaringan Perdagangan Barang-Barang Makanan

Data perdagangan internasional  mengenai barang-barang makanan dapat disajikan sebagai berikut

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24
1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0
2 1 0 1 0 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1
3 1 1 0 1 1 0 1 0 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1
4 1 0 0 0 1 0 1 0 1 0 1 0 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 0
5 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1
6 0 1 1 0 1 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0 1 0 1 1 0 0 1 1 1
7 1 0 0 0 1 0 0 0 1 0 1 1 0 0 0 0 0 0 1 0 0 1 1 0
8 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0 1 1 0 0 0 0 1 1 0 0 1 1 0
9 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 1 1 1 0 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1
10 0 0 0 0 1 0 1 0 1 0 0 1 1 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 1
11 1 0 0 1 1 0 1 0 1 0 0 0 1 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1
12 0 1 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 1 0 0 1 0 1 1 0 1 1 1 1
13 0 0 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0
14 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 0 0 0 0 1 0
15 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 0 0 0 1 0
16 1 0 0 1 0 1 1 0 1 1 1 0 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0
17 1 0 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 1 0 0 1 0 0 1 0 0 1 1 0
18 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 1 1 1
19 1 1 1 1 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1
20 1 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0
21 1 0 0 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0
22 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1
23 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1
24 1 0 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 0

Diagram jaringan perdagangan internasional atas barang-barang makanan adalah sebagai berikut :

DIAG3

Pengaruh (OutDegree) dan kekuasaan (InDegree) adalah sebagai berikut :

DIAG4

Pengaruh (23) dari perdagangan internasional tentang barang-barang makanan dimiliki oleh Amerika Serikat, kekuasaan (21) juga dimiliki oleh Amerika Serikat. Pengaruh perdagangan internasional atas barang-barang makanan dari Indonesia adalahh 14  kekuasaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah  13. Usaha meningkatkan pengaruh dan kekuasaan dapat dilakukan melalui peningkatan perdagangan internasional Indonesia dengan negara-negara yang belum mempunyai hubungan. Langkah ini perlu mempertimbangkan kebijakan luar negeri Indoenesia, misalkan hubungan perdagangan internasional Indonesia dan Israel tidak mungkin dilakukan secara langsung dan mungkin dilakukan melalui negara lain yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Hal ini berarti bahwa hubungan diplomatik antarnegara memainkan peranan penting dalam hubungannya dengan perdagangan internasional. Barang-barang makanan dari Indonesia mungkin saja dipakai oleh orang-orang Israel walau hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel tidak terdapat. Hubungan antara para aktor, oleh karena itu, memainkan peranan penting termasuk hubungan diplomatik antara negara-negara.

Data Jaringan Perdagangan Bahan-bahan Mentah

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24
1 0 0 0 1 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 1
2 1 0 1 1 1 1 0 0 1 0 1 1 1 0 0 0 0 1 1 0 1 0 1 1
3 1 1 0 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1
4 0 1 0 0 1 0 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1
5 0 0 0 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 1 0 1 0 1
6 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 0
7 1 0 0 1 1 0 0 0 1 0 1 1 1 0 0 0 1 1 1 0 1 1 1 1
8 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 1 1 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 0
9 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 1 1 1 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1
10 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1
11 0 0 0 1 1 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1
12 0 1 0 0 0 1 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1
13 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1
14 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 0 0 0 1 1 1 1 0 1 1 1
15 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 0 0 0 1 1 0
16 1 1 0 1 1 0 1 0 1 0 1 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1
17 0 0 0 1 1 0 0 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 1 1 0 1 1 1 0
18 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 1 1 0 1 1 1 1 1 1
19 1 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1
20 1 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 1
21 0 0 0 1 1 0 1 0 1 0 1 1 1 0 0 1 1 1 1 0 0 1 1 1
22 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1
23 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1
1 0 0 1 1 0 1 1 0 0 0 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0

DIAG5

DIAG6

Amerika Serikat, Jepang dan Inggris merupakan negara dengan pengaruh dan kekuasaan  terbesar dalam perdagangan internasional atas bahan-bahan mentah dan Indonesia mempunyai pengaruh adalah 14 dan kekuasaan adalah 14 dalam perdagangan internasional atas bahan-bahan mentah jika dibanding dengan pengaruh Amerika Serikat adalah 23 dan kekuasaan Amerika Serikat adalah 20.

Data Jaringan Perdagangan Mineral

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24
1 0 0 1 0 0 0 1 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 1
2 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 0
3 1 1 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 1 0
4 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 1 0 1 0 1 1 1 1 0 0 1 0 1 0
5 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1
6 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0
7 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 0 0 0 1 1 1
8 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
9 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 1 0 0 0 1 1 0
10 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
11 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1 0
12 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
13 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 0 0 0 0 1 1 1 0 0 1 1 1 0
14 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1
15 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
16 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
17 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0
18 1 1 0 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 1
19 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 1 1 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0 1
20 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 0
21 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 0
22 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1
23 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1
24 1 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 1 1 1 0 0 1 0

 

Diagram jaringan perdagangan internasional atas meneral adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

Amerika Serikat menduduki pengaruh (22) dan kekuasaan (13) terbesar dalam perdagangan internasional mengenai mineral sedangkan pengaruh Indonesia adalah (6) dan kekuasaan Indonesia adalah (5).

Diplomasi

Perubahan cepat dialami dalam hubungan internasional, perkembangan dan pencapaian yang mengagumkan dialami dalam teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Beberapa konsep dan definisi baru telah muncul tentang makna dan pemahaman mengenai perdamaian dan keamanan. Priventive diplomacy melibatkan keterampilan-keterampilan baru dari diplomatik di samping metode-metode baru dari pendekatan, serta adolsi atas strategi-strategi bersifat inovatif untuk mencapai tujuan akhir dari perdamaian. Makna perdamaian itu sendiri telah mengalami perubahan. Perdamaian adalah keadaan tanpa terjadi perang.

Kegiatan-kegiatan diplomatik dewasa ini lebih banyak dilaksanakan dalam forum   daripada basis bilateral. Banyak mekanisme penyelesaian perselisihan sedang dicipta, dan organisasi-organisasi regional lebih banyak menyediakan peluang-peluang untuk kerjasama lebih lanjut. Implikasi-implikasi dari perkembangan-perkembangan bersifat ilmiah dan politik ini untuk substansi dan gaya diplomatik telah banyak dicapai.

Para diplomat dewasa ini dari berbagai negara telah terlibat dalam tugas-tugas mencari solusi atas konflik-konflik regional, memberikan bantuan kemanusiaan, berhubungan dengan masalah-masalah lingkungan global, dan usaha mengembangkan kerjsasama ekonomi internasional.

Para diplomat atau para calon diplomat sekarang dituntut untuk menguasai kemampuan mengenai diplomasi, kebijakan luar negeri, hubungan internasional, hukum internasional, organisasi internasional, studi dan penghayatan atas perdamaian dan konflik, ekonomi internasional, multilateralisme, regionalisme, biografi dan meoirs, kebijakan luar negeri Indonesia bagi para diplomat dan calon diplomat Indonesia, pidato di depan publik, hubungan publik (public relations), keterampilan menulis, keterampilan manajemen, kemampuan atas diplomasi diigital, diplomasi ekonomi, bahasa untuk konferensi, kepemimpinan, dan keterampilan berdialog, keuangan internasional, kemampuan atas aspek-aspek piinjaman dan investasi luar negeri, dan sebagainya.

Data Jaringan Pertukaran Diplomasi

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24
1 0 1 1 1 1 0 0 1 0 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1
2 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 0 1 1
3 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1
4 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1
5 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 1 1
6 0 0 1 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 0 0 0 0 1 1 0 0 1 1 1
7 0 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1
8 0 0 0 1 0 0 1 0 0 0 0 0 1 1 0 0 0 0 0 0 0 1 1 1
9 1 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 1 1 0 0 0 0 1 1 0 1 1 1 1
10 0 1 1 0 0 1 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 1 0 0 0 1 1 0
11 1 1 1 0 1 0 1 1 1 0 0 0 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1
12 0 1 1 0 0 1 1 0 1 1 0 0 1 1 0 1 0 0 1 0 1 1 1 0
13 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1
14 0 0 0 1 0 0 1 1 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 0
15 1 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0
16 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 0 0 0 1 1 1 0
17 1 1 1 1 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1
18 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 0 1 1 1 1 1 1
19 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1
20 1 1 1 1 1 0 0 0 0 0 1 0 1 0 0 0 1 1 0 0 0 1 1 1
21 0 1 1 1 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1 1 0 0 1 1 1
22 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1
23 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1
24 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 0

Hasil lengkap dari pemakaian Ucinet 6 for Windows akan disajikan di bawah ini. Hasil-hasil di atas tidak disajikan secara lengkap agar makalah ini tidak terlalu panjang. Hasil lengkap ini adalah sebagai berikut :

 

DIAG9

DIAG10

Jepang, dalam jaringan pertukaran diplomasi, memiliki pengaruh (23) dan kekuasaan (23). Pengaruh dan kekuasaan dalam jaringan diplomasi dari Jepang adalah terbesar. Indonesia, dalam jaringan pertukaran diplomasi memiliki pengaruh (18) dan kekuasaan (16) adalah lebih kecil daripada pengaruh dan kekuasaan Jepang. Pengaruh dan kekuasaan Jepang dalam diplomasi yang terbesar ini secara langsung atau tidak langsung memberikan dampak positif terhadap perdagangan luar negeri Jepang atas perdagangan barang-barang manufaktur, barang-barang makanan, bahan-bahan mentah, dan mineral.

DIAG11

Statistik defkriptif dipakai untuk mengukur pengaruh (OutDegree), kekuasaan (InDegree) NrmOutDegree, dan NrmInDegree. Nilai rata-rata dari pengaruh adalah 15.375 dan kekuaaan adalah 15.375. Hal ini antara lain berarti bahwa pengaruh dan kekuasaan Indonesia dalam jaringan pertukaran diplomasi adalah lebih besar dari nilai rata-rata ini. Deviasi darstantar dari pengaruh adalah 5.794 dan deviasi standar dari kekuasaan adalah 4.211. Jumlah dari pengaruh adalah 369 dan jumlah dari kekuasaan adalah 369. Nilai varians dari pengaruh adalah 33.568 dan nilai varians dari kekuasaan adalah 17.734. Nilai Sum of Square dari pengaruh adalah 6479 dan nilai Sum of Square dari kekuasaan adalah 6099. Nilai MCSSQ dari pengaruh adalah 805.625 dan nilai MCSSQ dari kekuasaan adalah 425.625. Nilai Euclidean Norm dari pengaruh adalah 80.492 dan nilai Euclidean Norm dari kekuasaan adalah 78.096. Nilai minimum dari pengaruh adalah 4 dan nilai minimum dari kekuasaan adalah 8. Nilai maksimum dari pengaruh adalah23 dan nilai maksimum dari kekuasaan adalah 23. Jumlah observasi dari pengaruh adalah 24 dan jumlah observasi dari kekuasaan adalah 24.

Sentralisasi pengaruh jaringan adalah 34.594% dan sentralisasi kekuasaan  adalah 34.594%. Kedua nilai ini adalah lebih rendah daripada nilai 50% maka sentralisasi penaruh dan sentralisasi kekuasaan jaringan pertukaran diplomasi ini mencerminkan desentralisasi dan bukan mencerminkan sentralisasi penaruh dan kekuasaan jaringan. Persentase Pengaruh dan Kekuasaan dari tiap negara dapat dihitung dan disajikan sebagai berikut :

 Negara  Pengaruh  Kekuasaan  %Pengaruh  %Kekuasaan
13 23 23 0,062331 0,062331
23 23 23 0,062331 0,062331
22 22 21 0,059621 0,056911
19 22 17 0,059621 0,04607
4 21 20 0,056911 0,054201
18 20 18 0,054201 0,04878
2 19 17 0,051491 0,04607
3 19 19 0,051491 0,051491
24 19 18 0,051491 0,04878
7 19 18 0,051491 0,04878
5 18 15 0,04878 0,04065
11 18 16 0,04878 0,04336
9 16 13 0,04336 0,03523
1 16 15 0,04336 0,04065
17 14 15 0,03794 0,04065
21 13 15 0,03523 0,04065
12 13 8 0,03523 0,02168
20 12 13 0,03252 0,03523
6 12 13 0,03252 0,03523
10 7 9 0,01897 0,02439
8 7 14 0,01897 0,03794
16 6 11 0,01626 0,02981
14 6 10 0,01626 0,0271
15 4 8 0,01084 0,02168
 Jumlah 369 369 1 1

Pengaruh diplomasi Jepang adalah 6.2331% dan kekuasaan diplomasi Jepang adalah 6.2331%. Pengaruh diplomasi Indonesia adalah 4.878% dan kekuasaan diplomasi Indonesia adalah 4.336%. Persentasi pengaruh dan kekuasaan diplomasi Jepang adalah tertinggi. Persentase pengaruh dan persentase kekuasaan diplomasi Madagaskar adalah paling rendah.

Analisis jaringan pertukaran diplomasi di atas disajikan secara kengkap sedangkan analisis jaringan perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur, barang-barang makanan, bahan-bahan mentah, dan mineral tidak disajikan secara lengkap.

Rangkuman

Kata algoritma berasal dari nama bapak aljabar yaitu Al-Khawarizmi. Algoritma berarti urutan instruksi-instruksi yang dipakai untuk memberikan jawaban atas pertanyaan atau memberikan pemecahan atas masalah. George Boole telah mengembangkan matematika atau aljabar yang oleh pakar lain dinamakan Boolean Algebra. Boolean algebra memakai sistem bilangan biner (binary). Sistem bilangan dapat dikelompokkan ke dalam sistem bilangan biner, sistem bilangan oktal, sistem bilangan desimal, dan sistem bilangan heksadesimal. Sistem bilangan biner dalam komputer dinamakan bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa komputer yang sangat sulit dipakai sehingga para pakar komputer telah mengembangkan bahasa pemrograman yang telah mencapai bahasa pemrograman tingkat generasi keempat.

Ucinet 6 for Windows dipakai dalam pembahasan ini. Pembahasan mengenai algoritma dan sistem bilangan biner dilakukan di sini karena  Unicet 6 for Windows memanfaatkan sistem bilangan biner dengan pengertian 0 mewakili hubungan antara pasangan aktor tidak terdapat dan 1 mewakili hubungan antara pasangan aktor terdapat. Algiritma dibahas karena Ucinet 6 for Windows memakai algoritma dalam pengertian urutan instruksi-instruksi yang dipakai untuk memberikan jawaban atas pertanyaan atau untuk memecahkan masalah.

Wasserman dan Faust telah mengungkan bahwa analisis jaringan sosial dapat dipakai dalam analisis jaringan politik, analisis jaringan ekonomi, analisis jaringan komunikasi, analisis perdagangan internasional, dan analisis jaringan pertukaran diplomat atau diplomasi.

Menu Ucinet 6 for Windows yaitu menu Networks mengandung banyak peluang yang dapat dipakai untuk menginterpretasikan secara kuantitatif atas data hasil penelitian berukuran kualitatif. Salah satu ukuran dipakai di sini yaitu ukuran tentang Centrality and Power yang dapat dipakai untuk mengukur pengaruh, kekuasaan, sentralisasi pengaruh jaringan, dan sentralisasi kekuasaan jaringan. Ukuran-ukuran lain dapat dipakai akan tetapi dalam pembahasan ini hanya dipakai satu ukuran saja. Ukuran ini dipakai sebagai ukurn dalam perdagangan internasional atas barang-barang manufaktur, barang-barang makanan, bahan mentah, mineral, dan analisis jaringan pertukaran diplomasi. Hasil lengkap dari pemakaian Ucinet 6 for Windows mengenai pengaruh dan kekuasaan hanya disajikan dalam pembahasan mengenai analisis jaringan diplomasi saja agar makalah ini tidak terlalu panjang.

Data yang dipakai bersumber dari Ucinet 6 for Windows yaitu arsip data Trade.##h yang terdiri dari lima macam arsip data. Arsip data ini kemudian diubah mencadi lima arsip data mandiri dan tiap arsip data ini dipakai sebagai bahan analisis. Hasil analisis jaringan perdagangan internasional dan jaringan pertukaran diplomasi terdiri dari diagram jaringan dan ukuran tentang pengaruh, kekuasaan, sentralitas pengaruh jaringan, dan sentralitas kekuasaan jaringan. Diagram jaringan perdagangan internasional dan diagram jaringan pertukaran diplomasi sebagai hasil berukuran kualitatif adalah sangat kompleks sehingga sulit diinterpretasikan. Interpretasi berukuran kuantitatif dapat dilakukan melalui pemakaian Ucinet 6 for Windows terutama menu Network.

Pembahasan ini telah membuktikan bahwa analisis jaringan sosial dapat dipakai bukan saja dalam analisis jaringan komunikasi, analisis jaringan komunikasi organisasi, analisis jaringan politik, analisis jaringan teroris, akan tetapi juga dapat dipakai dalam analisis jaringan perdagangan internasional dan analisis jaringan pertukaran diplomasi. Makalah-makalah ini disusun dalam rangka memperkenalkan paradigma baru yang sangat berbeda dari paradigma lama yang terkandung dalam ilmu sosial dan ilmu perilaku tradisional karena paradigma baru ini sedang melanda berbagai disiplin akademik lain.

 

 

 

 

Permata Depok Regency, 18 Agustus 2019.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Academic Training Institute. Modren Diplomacy. http://www.ati.usacademy.info

Adams, Nicole Y. 2013. The Little Book Of Social Media Marketing For Translator. NYA Communication.

Ahn, T.K. et al. 2012. Expertise and Bias in Political Communication Networks. Midwest Political Science Association.

Andrew Weinberg, David. 2014. Textbook Diplomacy: Why the State  Department Shelved a Study on Incitement in Saudi Education Materials. Washington D. C. : Foundation For Defense of Democracies.

Basu, Kaustav et al. 2019. A Novel Graph Analytic Approach to Monitor Terrorist Network.

Boole, George.1853. An Investigation of The Law of Thought on which are Founded The  Logic Theories of Logic and Probabilities.New York : Dover Publications,  Inc.

Borgatti, Stephen Peter. 1989. Dissertation : Regular Equivalence In Graphs, Hypergraphs, and Matrices. California : University of California Irvine.

Borgatti, S.P., M.G. Everett,  and L.C. Freeman.2002. Uncinet 6 for Windows : Software for Social Network Analysis, Harvard, MA : Analytic Technology.

Borgatti, S.P. 2002. NetDraw : Network Visualization. Harvard, MA : Analytic TechEnology

Christopoulos, Dimitris. Network Analysis in Social and Political Science: A Short Introduction to Concepts

Contractor, Noshir S. and Peter R. Monge. 2003. Using Multi-theoretical Multi-level (MTML) Models to Study Adversarial Network, Dynamic  Social Network Modeling and Analysis : Workshop Summary and Papers.

Cox, M and R. Campanaro. 2016. Introduction to international relations. London :University of London.

Dahl, Robert A. 1976. Modern Political Analysis. Third Edition.New Delhi : Prentice-Hall of India Private Limited.

de Nooy, Wouter, Andrej Mrvar, and Vladimir Batagelj. 2005. Exploratory Network Analysis with Pajek. Cambridge : Cambridge University Pres s.

Easly, David and Jon Kleinberg. 2010. Networks, Crowds, and Market : Reasoning about a Highly Connected World. Cambridge : Cambridge University Press.

Effndi Gazali. 2019. Merajut Indonesia : Menuju Konstelasi Algoritma Komunikasi Politik Yang Lebih Mempersatukan – Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Komunikasi Pada Program Pascasarjana Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Gedung Kesenian Jakarta 30 Juli 2019.

Furht, Borko (Ed.). 2010.  Handbook of Social Network Technologies and Applications. New York : Springer.

Giemza, Kamil. Characteristics Of Political Communication in Social Networks. Mixed Methods Research On The Example of Warsaw MEPs

Griffiths, Martin and Terry O’Callaghan. 2002.  International Relations : Key Concepts. New York : Routledge

Hanneman, Robert A. and Mark Riddle. 2005. Introduction to Social Network Methods, California : University of California Press.

Jackson, Matthew O. 2008. Social and Economic Networks. Draft

Khokhar, Devangana. 2015. Gephi Cookbook. Birmingham : Packt Publishing Ltd

Koontz, Harold,, Cyril O;Donnell, dan Heinz.Weihrich. 1993. Manajemen. Edisi Kedelapan, Jilid 2. Jararta : Penerbit Erlangga.

Knoke, David. 2009. SOC 8412 Social Nework Analysis : Theory and Methods : Commucication in Small Group

Krugman, Paul R., Maurice Obstfeld, and Marc J. Melitz. 2012.  International Economics : Theory & Policy. Boston : Addison Wesley.

Lauchs, Mark., Robyn L. Keast, and Vy Le.Social Network Analysis of Terrorist Networks: Can it add value?, Pakistan Journal.  Southern Cross University : ePublications@SCU

Littlejohn, Stephen W. dan Karen A. Foss. Theories of Human Communication. 9th. Ed. Penerjemah Mohammad Yusuf Hamdan. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika.

McClurg,  Scott D. 2011. Pols 513. Topics in Political Behavior, Political Network : Theory, Concept, and Methods

Mingst, Karen A. Essentials Of International Relations.

Monge Pter R. and Noshir S. Contractor. 2003. Theories of Communication Networks. Oxford : Oxford Univety Press.

Stephen Chan. 2017. Meditations on Diplomacy : Comparative Cases in Diplomatic Practice and Foreign Policy. Bristol : E-International Relations Publishing.

Stumpf, Samuel Enoch. 1989.  Philosophy : DDL History and Problem. Fifth Edition. New York : McGraw-Hill, Inc

United Nations Commission On International Trade Law. United Nations Convention on Contracts for International Sale of Goods.

Waldstrom, Christian. 2001. Informal Networks in Organization –A literature review. Working Paper No. 2. The Aarhus School of Business.

Wasserman, Stanley and Katherine Faust. 1994. Social Network Analysis : Methods and Applications. Cambridge : Cambridge University Press.

Yayan G.H. Mulyana. 2018.  Reading for Diplomats 2018. Jakarta : Kementerian Luar Negeri.

 

 

 

Author: abdullahmjaubah

Saya pernah menulis buku tentang Sistem Administrasi Keuangan Negara yang diterbitkan oleh Bratara Karya Aksara dan buku C Basic Pedoman Penyusunan Program Komputer yang diterbitkan oleh Gramedia. Pelatihan yang pernah diikuti adalah Program Perencanaan Nasional di Jakarta, Export Training Program. Pelatihan Supply and Material Management dan Training The Trainer yang diselenggarakan oleh Royal Institure of Public Administration di Inggris, Manajemen Proyek di Virginia Polytechnique and State University di Amerika Serikat, latihan di Economic Development Institute-World Bank, dan Advanced Training the Trainer di Kanada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s