GRAPHVIZ

PERANGKAT LUNAK UNTUK MENCIPTA GRAFIK

Pendahuluan

Banyak  buku tentang teori grafik dan Bahan Ajar Teori Grafik disusun tanpa bantuan perangkat lunak komputer. Salah satu perangkat lunak komputer untuk melaksanakan visualisasi grafik adalah Graphvis.

Sembilan contoh tersedia dan tiga contoh dari semua contoh itu merrupakan grafik berarah sedangkan 6 contoh merupakan grafik tidak berarah. Komposisi contoh-contoh ini mewakili contoh-contoh dalam buku-buku teori grafik dan bahan ajar teori grafik. Graphvis dapat dipakai untuk mencipta grafik berarah atau grafik tidak berarah sehingga para penulis buku teori grafik dan para penulis bahan ajar teori grafik dapat memanfaatkan Graphvis.

Penulis sendiri tidak memakai perangkat lunak untuk teori grafik seperti Krackplot, Tulip, Graph Magic, dan Graphvis  penulis memakai Ucinet 6 for Windows dan Netdraw yang lebih canggih daripada keempat perangkat lunak komputer ini.  Ucinet dan Netdraw dicipta dan dikembangkan untuk analisis jaringan sosial sebagaimana dijelaskan di atas akan tetapi dapat juga dipakai dalam teori grafik berarah.

Analisis jaringan kejahatan teroris bom Bali dapat dilakukan dengan memanfaatkan Ucinet dan Netdraw.

Beberapa Contoh

Paket program Graphvis mengandung sembilan contoh dan contoh-contoh ini dapat disajikan di bawah ini.

Contoh Kesatu

Contoh Kedua

Contoh Ketiga

Contoh Keempat

Contoh Kelima

Contoh Keenam

Contoh Ketujuh

Contoh Kedelapan

Contoh Kesembilan

Sembilan contoh terkandung dalam paket program Graphvis dan tiga contoh merupakan contoh grafik berarah sedangkan enam contoh merupakan grafik tidak berarah. Teoori grafik tidak berarah merupakan teori grafik tidak berdasar atas matematika dan tidak berdasar atas teori matriks. Grafik tidak berarah mengandung kelemahan dan ketidakjelasan karena garis yang dipakai adalah garis tanpa anak panah.

Rangkuman

Graphvis dapat dipakai untuk mencipta grafik tidak berarah dan grafik berarah. Graphvis juga dapat dipakai untuk mencipta gelang (loop). Grafik tidak berarah mengandung beberapa kelemahan dan ketidakjelasan.

Tulisan ini disusun untuk membuktikan bahwa pembahasan mengenai teori grafik lebih banyak memakai grafik tidak berarah daripada grafik berarah.

Permata Depok Regency, 12 Maret 2022

Author: abdullahmjaubah

Saya pernah menulis buku tentang Sistem Administrasi Keuangan Negara yang diterbitkan oleh Bratara Karya Aksara dan buku C Basic Pedoman Penyusunan Program Komputer yang diterbitkan oleh Gramedia. Pelatihan yang pernah diikuti adalah Program Perencanaan Nasional di Jakarta, Export Training Program. Pelatihan Supply and Material Management dan Training The Trainer yang diselenggarakan oleh Royal Institure of Public Administration di Inggris, Manajemen Proyek di Virginia Polytechnique and State University di Amerika Serikat, latihan di Economic Development Institute-World Bank, dan Advanced Training the Trainer di Kanada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: