SMART PLS

PEMODELAN PERSAMAAN ulluSTRUKTURAL

Oleh :

Prof. Dr. Abdullah M. Jaubah, S.E., M.M.

Pendahuluan

Studi dan penghayatan atas Pemodelan Persamaan Struktural berdasar atas beberapa konsep yaitu konsep tentang variabel laten endogen (variabel laten dependen atau ETA), konsep variabel laten eksogen (variabel laten indipenden atau KSI), variabel-variabel manifest endogen (variabel-variabel indiator endogen), variabel-variabel indikator dependen, model hubungan rerlektif, dan model hubungan formatif.

Definisi Variabel Laten Endogen

Variabel laten endogen merupakan variabel dependen yang dipakai dalam ekonometri dan psikometri dan kadang-kadang dipakai dalam regresi linier. Variabel-variabel laten endogen  mirip dengan variabel laten dependen. Variabel laten endogen memiliki nilai yang ditentukan oleh variabel-variabel lain dalam sistem dan variabel “lain” ini disebut variabel laten eksogen atau variabel indikator eksogen. Variabel laten endogen didefinisikan sebagai suatu variabel laten endogen dalam model kausal, jika nilainya ditentukan atau dipengaruhi oleh satu  variabel laten independen atau lebih atau satu variabel inikator independen atau lebih.  

Nilai dari variabel laten enogen ditentukan oleh satu variabel laten eksonen atau lebih. Variabel laten endogen dapat dijuga dientukan oeh satu variabel indikator eksogen atau lebih. Model hubungan antar varriabel-variabel inikator eksogen dan variabel laten endogen inamakan model hubungan formafit.Model hubungan formatif antara variabel-variabel indikator eksogen dan variabel laten endogen terdapat dalam LISREL.

Hubungan formatif antara variabel-variabel indikator eksogen dan variabel laten eksogen terdapat antara lain dalam SmartPLS. Hubungan formatif dalam SmartPLS yang ,mencerminkan variabel laten eksogen tergantung pada variabel-variabel indikator eksogen merupakan konsep yang tidak dapat diterima oleh pemikiran sehat, oleh hukum pemikiran. Hal ini ter cermin pula dalam rumus matematika yang biasa dipakai bahwa KSI merupakan fungsi ari variael-variabel indikator eksogen. Suatu variabel jika itentukan oleh, tergantung pada, merupakan fungsi ari variabel-variabel lain, maka variabel tersebut tidak masuk akal jika disebut variabel inependen dan lebih layak isebut variabel dependen. S,martPLS mengandung konsep bahwa variael laten eksogen merupakan variabel yang ditentukan oleh, tergantung pada, fungsi dari variabel-variabel indikator eksogen.

Konsep yang mencerminkan variabel laten endogen ditentukan oleh satu variabel indikator neksogen atau lebih dinamakan model hubungan foormatif. Konsep yang mencerminkan bahwa variabel laten endogen diwakili oleh satu variabel endogen atau lebih dinamakai model reflektif.

Variabel laten endogen adalah variabel yang tidak dapat diobservasi dan tidak dapat diukur secara langsung. Observasi dan pengukuran dilakukan melalui variabel-variabel indikator manifest) endogen yang mewakili variabel laten endogen tersebut.el

Variabel laten eksogen adalah variabel laten independen yang tidak dapat diobservasi dan tidak dapat diukur secara langsung. Pengukuran dilakukan melalui variabel-variabel indikator eksogen.

Rincian variabel laten endogen ke dalam variabel-variabel indikator endogen yang dapat diobservasi dan dapat diukur secara langsung dan rincian variabel laten eksogen dlangsung merupakan dasar utama dari pemodelan persamaan struktural.

Langkah Melakukan Klasifikasi Variabel-variabel di dalam Suatu Sostem

Penentuan variael-variabel laten eksogen, variabel-variabel inikator eksogen, variabel-variabel laten endogen, variabel=variabel indikator endogen, model hubungan formatif, dan model hubungan refeltif dalam berbagai penelitian yang  telah dilakukan  sering mengungkan perbedaan-perbedaan tertentu sehingga penentuan tersebut merupakan tantangan.

Perilaku dari variabel-variael laten eksogen, variabel-variabel indikator eksogen, variabel-variabel laten endogen, dan variabel=variabel indikator endogen, oleh karena itu, perlu dijelaskan. Model-model matematika biasa disajikan dalam bentuk persmaab-perbamaan dan persamaan-persamaan ini dapat dipakai untuk menjelaskan variabel-variabel bersangkutan.

Variabel Eksogen

Variabel eksogen adalah variabel yang tidak dipengaruhi oleh variabel lain dalam sistem. Istilah Exogenous berasal dari bahasa Yunani Exo, yang berarti “di luar” dan gignomai, yang berarti “menghasilkan”. Variabel endogen adalah variabel yang dipengaruhi oleh faktor lain dalam sistem, yaitu diplengaruhi oleh variabel laten eksogen atau dipengaruhi oleh variabel-variabel indikator eksogen. Istilah “variabel eksogen” hampir secara eksklusif dipakkai dalam ekonometrik dan dipakai dalam regresi linier untuk mendeskripsikan variabel independen dalam model. Variabel eksogen adalah variabel yang tidak dipengaruhi oleh variabel lain dalam model (meskipun dapat dipengaruhi oleh faktor di luar model regresi linier yang sedang diteliti. Variabel Laten Eksogen. Variabel laten independen adalah variabel laten eksogen sehingga, secara matematis, tidak dipengaruhi, tidak ditentukan, atau bukan merupakan fungsi dari variabel lain. SmartPLS asumsi yang sangat bertentangan dengan matematika karena variabel laten eksogen atau independen dapat dipengaruh oleh variabel-variabel indikator eksogen dalam model formatif.

  https://1.bp.blogspot.com/-Mdw0BKbv1L4/XxY_rHpjk9I/AAAAAAAAAlY/xBxRXIlW850E80m0f4Dzx90SmXFkBvVGgCLcBGAsYHQ/s1600/KW1.png

I Made Nyoman Mindra Jaya dan I Made Sumertajaya telah menyajikan rumus untuk moel hubungan formatif sebagai berikut :

Rumus ini dipakai dalam hubungannya dengan variabel KSI seperti di atas. SmartPLS karena dapat dipakai untuk melaksanakan rumus di atas berrarti pula  bahwa SmartPLS mengandung unsur yang bertentangan dengan hukum matemtika dan hukum pemikiran. Model formatif daam Lisrel, tidak mungkin memakai variabel laten eksogen (KSI) sebagai variabel independen, LISREL memakai variabel laten endogen dan variabel  variabel-variabel indikator eksogen bukan memakai variabel laten eksogen dan variabel-variabel indikator eksogen seperti tercermin dalam diagram jalur yang disajikan oleh Made Nyoman Mindra Jaya dan I Made Sumertajaya.

Rangkuman

Konsep-konsep pokok dalam pemodelan persamaan struktural mencakup konsep variabel laten eksogen, variabel-variabel indikator eksogen, variabel laten endogen, dan variabel indikator endogen, beberapa jenis kesalahan, model hubungan formatif, dan model hubungan reflektif.

Model hubungan formatif dala LISREL sesuai dengan hukum matematika sedangkan model hubungan formatif dalam SmartPLS bertentangan dengan hukum matematika dan hukum pemikiran karena variabel laten eksogen dapat mencerminkan fungsi dari variabel-variabel indikator eksogen.

Permata Depok Regency 30 Maret 2021

Author: abdullahmjaubah

Saya pernah menulis buku tentang Sistem Administrasi Keuangan Negara yang diterbitkan oleh Bratara Karya Aksara dan buku C Basic Pedoman Penyusunan Program Komputer yang diterbitkan oleh Gramedia. Pelatihan yang pernah diikuti adalah Program Perencanaan Nasional di Jakarta, Export Training Program. Pelatihan Supply and Material Management dan Training The Trainer yang diselenggarakan oleh Royal Institure of Public Administration di Inggris, Manajemen Proyek di Virginia Polytechnique and State University di Amerika Serikat, latihan di Economic Development Institute-World Bank, dan Advanced Training the Trainer di Kanada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s